Kamis, 24 Juli 2008

TUGAS 3

1. Jelaskan hubungan stress (psikologi) dengan sakit pada organ lambung (mag/tukak lambung)?
Sebelum kita menjelaskan antara hubungan stress (psikologi) dengan sakit pada organ lambung (mag/tukak lambung), maka ada baiknya kita mengetahui dan memahami apa itu stress? Dan apa itu lambung?
Kata stress bermula dari sebuah kata latin “stringere” yang berarti ketegangan, dan tekanan. Stress merupakan reaksi yang tidak diharapkan yang muncul karena tingginya tuntutan lingkungan pada seseorang. Keseimbangan antara kekuatan dan kemapuan terganggu. Bilamana stress telah mengganggu fungsi seseorang, maka dinamakan distress. Stress kebanyakan dirasakan orang jika situasi yang menekan berlangsung terus menerus (kondisi tubuh yang menurun, pikiran yang mengganggu, tugas yang terlalu berat, atau tugas yang tidak mampu dilakukan karena situasi yang tidak kondusif atau stress yang disebabkan oleh trauma)
Stress tidak selalu bersifat negatif. Sebaliknya stress juga dapat, untuk sementara, menghasilkan sebuah prestasi yang tinggi. Proses penanggulangan stress yang spontan ini merupakan sebuah proses kompensasi. Bila bentuk kompensasi ini berlangsung terlalu lama, stress pada akhirnya akan menemukan titik jenuh dan berbalik menimbulkan berbagai macam gejala (sakit lambung/mag, sakit kepala/pusing, dan sebagainya) yang sering kali tidak dapat dimengerti orang yang bersangkutan, itulah yang disebut orang akhir-akhir ini dengan istilah burnout.
Sedangkan lambung itu sendiri yaitu bagian orgam perut yang berada di sebelah kiri. Sakit maag (maag=lambung) adalah gangguan pada lambung yang disebabkan oleh tidak terkontrolnya produksi asam lambung. Asam yang berlebihan ini menyebabkan lambung terasa nyeri, perih dan kembung, yang lama kelamaan dapat membuat luka pada dinding lambung. Seperti lambung akan terasa perih terutama jika terlambat makan, perut terasa kembung, sering bersendawa, mual, dan kadang-kadang juga diikuti muntah.
Seringkali asam lambung naik sampai ke mulut sehingga mulut terasa asam, namun tidak selalu demikian. Pada penderita sakit maag yang parah, bahkan dapat menyebabkan pingsan. Jika sakit maag tidak segera diatasi, akan timbul gangguan kesehatan lain yang lebih parah, antara lain lambung menjadi luka yang disebut tukak lambung. Semua gejala ini timbul akibat keseimbangan asam lambung yang terganggu.
Seperti yang sudah dikatakan di atas bahwa stress yang berarti tekanan dapat terjadi oleh siapa saja dengan penyebab yang berbeda-beda, seperti pikiran ataupun lainnya, sehingga itu akan menimbulkan efek yang terjadi ataupun gangguan, bahkan dapat menimbulkan penyakit. Oleh karena itu, jiwa dan raga merupakan suatu satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Jika terjadi gangguan pada jiwa juga akan berpengaruh pada raga. Begitu pula sebaliknya jika raganya sakit juga akan mencetuskan terjadinya gangguan jiwa. Hal ini berhubungan antara stress dengan sakit pada organ lambung, yang biasa dikenal dengan nama sakit mag.
Stres dan Gangguan Pencernaan
Gangguan stess sangat berhubungan erat dengan terjadinya gangguan pencernaan baik pencernaan saluran cerna atas maupun saluran cerna bawah. Gangguan saluran pencernaan atas yang sering ditemui sering disebut oleh orang awam sebagai sakit maag. Secara medis istilah sakit maag ini disebut sebagai Dispepsia.
Dispepsia secara terbagi dua, dyspepsia organic dan dyspepsia fungsional. Dyspepsia yang berhubungan dengan factor stress adalah dyspepsia fungsonal Definisi dyspepsia atau sakit maag fungsional mutakhir yang dipublikasi tahun lalu oleh pakar dunia dibidang penyakit lambung ini menyatakan orang yang mempunyai masalah dengan maagnya berupa nyeri atau rasa panas di daerah ulu hati, rasa penuh atau tidak nyaman setelah makan dan rasa cepat kenyang yang telah berlangsung minimal selama 3 bulan dalam rentang waktu selama 6 bulan. Dari definisi ini jelas bahwa tentunya orang mempunyai sakit maag yang fungsional jika merasakan keluhan pada lambung sudah berlangsung lama.
Dispepsia fungsional ini memang sangat berhubungan erat dengan factor psikis. Berbagai penelitian memang telah membuktikan hubungan antara sakit maag fungsional dengan faktor stress yang dialami seseorang terutama faktor kecemasan (ansietas). Penelitian yang kami lakukan dan penelitian di luar negeri menunjukkan bahwa kejadian sakit maag yang fungsional ini lebih besar dari sakit maag yang organik yaitu mencapai 70-80% kasus sakit maag. Fakta ini menunjukkan bahwa sebagian besar pasien yang datang karena keluhan sakit maag tersebut karena sakit maag fungsional.
Kita ambil contoh; pasien sakit maag dimana faktor stress sebagai pencetus biasanya mempunyai sifat cepat cemas dan depresif. Hal ini dibuktikan dengan penelitian-penelitian dimana pasien dengan sakit maag fungsional mempunyai tingkat kecemasan yang lebih tinggi dibandingkan dengan orang sehat. Keadaan ini timbul karena factor pencetus tertentu dan apabila seseorang telah terbebas dari factor pencetus yang mempengaruhi tingkat stressnya maka keluhan sakit maagnya akan berkurang. Contoh kecil yang sering terjadi adalah apabila seorang mahasiswa atau mahasiswi akan menghadapi ujian akhir maka sakit maagnya akan kambuh dan sakit maagnya ini akan berkurang setelah ujian tersebut selesai. Hal ini juga berkaitan atau merupakan faktor dari stress akibat terlalu memikirkannya sehingga akan berkontraksi ke lambung.
2. Carilah informasi sebanyak-banyaknya tentang fungsi hemisparium cerebri kanan?
Manusia merupakan mahluk yang mulia yang diberikan berbagai kelebihan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Manusia diberikan akal, sehingga dengan akal tersebut manusia dapat berpikir. Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, kita mengetahui bahwa pusat manusia dalam berpikir ada pada otak yang dimiliki manusia.
Berbagai studi menunjukkan begitu hebatnya otak yang dimiliki manusia. Penelitian mutakhir menunjukan bahwa otak manusia terdiri atas dua belahan otak, belahan otak kiri dan belahan otak kanan. Kedua belahan otak tersebut memiliki fungsi dan peran yang berbeda, akan tetapi kedua belahan otak tersebut saling melengkapi satu sama lainnya. Walaupun demikian setiap orang biasanya memiliki kecenderungan untuk dominan pada salah satu belahan otak tersebut. Kondisi yang merugikan adalah apabila dominansi itu menyebabkan fungsi belahan otak yang lainnya menjadi lemah, hal ini tentunya akan membuat kemampuan berpikir kita akan menjadi kurang optimal. Yang paling bagus adalah dapat memanfaat kedua belahan otak tersebut secara keseluruhan. Sayangnya, sistem pendidikan formal yang ada, umumnya cenderung lebih menghargai kemampuan otak kiri. Hal ini tentunya akan merugikan para siswa yang otak kanannya lebih dominan. Pendidikan formal merugikan sebagaian besar siswa, kerena hanya 15 % dari semua anak yang diteliti diketahui dominan belahan otak kirinya. Dalam tulisan ini kita akan mendapati bagaimanakah kita dapat menggunakan otak kita secara optimal, yaitu dengan menggunakan seluruh belahan otak kita, baik belahan otak kiri, maupun belahan otak kanan.
Otak manusia terdiri dari belahan otak kiri dan kanan.
Adapun otak kiri berkaitan dengan:
v fungsi akademik, yaitu terdiri dari: kemampunan berbicara, kemampuan mengolah tata bahasa, baca tulis, daya ingat (nama, waktu dan peristiwa), logika, angka, analisis, dan lain-lain.
v Para ahli banyak yang mengatakan otak kiri sebagai pengendali IQ (Intelligence Quotient).
Adapun fungsi dari otak kanan, yaitu:
1. Tempat untuk perkembangan hal-hal yang bersifat artistik, kreativitas,
2. Perkembangan Perasaan,
3. Perkembangan Emosi,
4. Perkembangan Gaya bahasa,
5. Perkembangan Irama musik,
6. Perkembangan Imajinasi,
7. Perkembangan Daya Khayalan,
8. Pengembangan warna,
9. Pengenalan diri dan orang lain,
10. Perkembangan sosialisasi dan pengembangan kepribadian. Selain itu para peneliti ataupun ahli, mengatakan bahwa otak kanan memegang peranan penting bagi perkembangan EQ (Emotional Ouotient) seseorang.
Sehingga dapat dikatakan, bahwa otak kanan berfungsi jika manusia menggambar, menunjuk, memeragakan, bermain, berolahraga, bernyanyi, dan aktivitas motorik lainnya.
Ada juga yang mengatakan bahwa belahan otak kanan memiliki fungsi yang khusus yang berlainan dengan belahan otak kiri. Cara berpikir otak kanan bersifat acak, tidak teratur, intuitif, dan menyeluruh. Cara berpikirnya sesuai dengan cara-cara untuk mengetahui yang bersifat nonverbal, seperti perasaan, dan emosi, kesadaran yang berkenaan dengan perasaan (perasaan kehadiran suatu benda atau orang), kesadaran ruang, pengenalan bentuk dan pola, musik, seni, kepekaan warna, kreativitas, dan visualisasi.
Belahan otak kanan memiliki fungsi: acak, tidak teratur, intuitif, dan menyeluruh.
1. Acak
2. Tidak Teratur
3. Intuitif
4. Menyeluruh
1. Acak

Acak yang dimaksud di sini adalah bahwa belahan otak kanan bekerja menghasilkan suatu ide, atau suatu kesimpulan tidak melalui suatu proses berpikir yang kaku. Dalam menghasilkan suatu lukisan yang indah seorang pelukis menemukan idenya tanpa harus berpikir logik. Ia berimajinasi dari suatu peristiwa pada peristiwa yang lain, dari suatu keadaan kepada keadaan yang lain.
2.Tidak teratur

Belahan oatak kanan memiliki karakterisik untuk berpikir tidak teratur. Ia dapat langsung pada ide pokoknya baru pada bagian lain yang lebih kecil, atau memulai sesuatu tanpa ada tahapan yang jelas.
3. Intuitif

Berpikir intuitif adalah berpikir di mana ide atau gagasan didapat tanpa melalui proses berpikir yang rasional. Ide atau gagasan itu muncul saja dari dalam pikirannya tanpa ia mengetahui dari mana asal pikiran itu. Ketika berada dalam kamar mandi terkadang muncul solusi atas permasalahan yang sebelumnya tidak kita ketemukaan jawabannya. Atau tiba-tiba kita ingin sekali pergi menemui ibu kita di rumah tanpa ada sesutu yang terjadi sebelumnya. Itulah berpikir intuitif.
4. Menyeluruh

Berpikir menyeluruh adalah berpikir dengan mempertimbangkan banyak hal. Melihat sesuatu dari berbagai sudut pandang, berbagai aspek. Dengan fungsi otak kanan ini, manusia dapat berpikir bahwa yang menyebabkan banjir bukan hanya karena hujan besar, akan tetapi banyak faktor lain lagi, seperti perilaku membuang sampah di kali, hilangnya daerah serapan air, banyaknya bangunan, dan lain sebagainya.
Dominasi Otak Kanan
Individu yang dominan pada belahan otak kanan merupakan individu yang acak dalam berpikir. Tidak seperti individu dengan dominan pada otak kiri yang linier (searah), individu dengan dominan pada belahan otak kanan lebih dapat melihat suatu pada sisi yang berbeda-beda. Dalam melihat suatu masalah individu dengan dominan pada otak kanan melihat masalah lebih luas dan menyeluruh. Karena mereka berpikir acak, biasanya mereka memiliki punya banyak ide. Ide-ide tersebut bermunculan dari pikiran mereka secara intuitif (langsung dari dalam dan tidak melalui proses berpikir yang logis). Kekurangannya tentu saja terkadang mereka memiliki banyak sekali ide atau gagasan akan tetapi tidak fokus. Individu dengan dominasi pada otak kanan biasanya memiliki kreatifitas yang tinggi. Mereka dapat menghubungkan hal-hal yang ada untuk memunculkan hal-hal yang baru. Seorang yang kreatif ketika melihat kursi, melihat ban bekas, akan dapat menghubungkannya dengan membuat kursi dengan ban bekas tersebut.
Sumber: www.google.com wikipedia-Indonesia

Tidak ada komentar: